Hikmah

Ust. Aunur Rofiq, M.Pd.I

Bahari Menyejukkan Jiwa

Administrator@DJ | Senin, 20 November 2017 - 08:40:48 WIB | dibaca: 54 pembaca



Ada ruang gelap yang dapat ditemukan di laut dalam, dimana apabila seseorang menjulurkan tangan ia tak akan mencapai dan tidak bisa melihatnya. Kegelapan di dalam lautan dan samudera ditemukan sekitar kedalaman 200 meter ke bawah. Pada kedalaman ini, hampir-hampir tidak ada cahaya lagi. Sedangkang jauh di bawah kedalaman 1000 meter, piun tiada cahaya sama sekali.

Manusia tidak mampu menyelam lebih dari kedalaman 40 meter tanpa bantuan kapal selam atau peralatan khusus. Manusia tidak akan bertahan tanpa perlengkapan di bagian gelap dari lautan, semisal pada kedalaman 200 meter. 
Tanpa peralatan khusus, tidak mungkin manusia di jaman Nabi Muhammad mengetahui bagaimana bentuk kegelapan di dalam lautan. Ini membuktikan meskipun tanpa peralatan atau alat manusia pada masa Nabi Muhammad Saw. mengetahui kedalaman laut dengan memahami ayat Al Qur'an yang diturunkan oleh Allah Sang Maha Mengetahui. 
Allah berfirman di dalam Al Qur'an ;

Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun. (Al Qur'an, An-Nuur, 24:40)

Dengan panca indera seseorang tidak mampu melihat kedalaman lautan jika tanpa perlengkapan dan tanpa memahami informasi itu berdasar ayat al Quran. Saat ini hanya terekam di memori otak, warna gelap di seluruh arah dan  buta pandangan atau tak bisa satu pun terlihat jika berada di kedalaman lautan. Namun seseorang mampu melihat lautan yang tampak di depan mata, yang bisa dicapai oleh pandangan mata baik kedalaman maupun di ruang horizontalnya.


Sungguh luar biasa alam ini sebagai ciptaanNya yang mampu menjadi media untuk manusia agar lebih kuat iman dan cintanya pada Allah Swt. Betapa besar kekuasaanNya, betapa indah dan luar biasa ciptaanNya. Berdzikir pada Allah melalui alam Bahari dapat membentuk jiwa yang gundah terkadang, menjadi jiwa yang tenang, dan sejuk terasakan. Bahari yang diciptakan oleh Allah menyejukkan jiwa bila kita pikirkan untuk mendekatkan diri padaNya.





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)