Litera Siswa

Opini Siswa

Inovasi Jadi Kunci Pendidikan untuk Milenial

Administrator@DJ | Selasa, 26 Februari 2019 - 15:59:25 WIB | dibaca: 64 pembaca



 
LITERA SISWA, SMA KHADIJAH - Generasi milenial adalah generasi anak zaman sekarang ,yang berarti semua sudah serba teknologi. Mulai dari komunikasi hingga pendidikan. Tak sedikit anak dari generasi milenial yang mengenal teknologi,mulai dari yang masih kecil hingga yang sudah remaja. Tak hanya itu,mereka juga identik dengan sebuah permainan

Pendidikan sangatlah penting untuk anak bangsa Indonesia. Tidak ada orang yang sukses jika hanya diam di tempat. Melalui pendidikanlah anak bangsa ini akan berkembang dan terus berkembang,dan mulai semakin membuka wawasannya.

Semakin bertambahnya tahun maka semakin bertambah pula ide-ide kreatif dan inovatif dari berbagai orang. Hingga di generasi milenial ini kita dapat melihat hasil nyata itu. Sebagai contoh pendidikan yang sudah tidak hanya menggunakan pensil dan kertas.

Pendidikan dapat kita inovasikan agar anak zaman milenial tertarik atau semakin ingin tahu tentang pendidikan tersebut. Misalnya, kita mempelajari apa yang mereka sukai. Lalu mulailah kita sambungkan dengan pendidikan. 

Kita atau sebagai guru dapat menyelipkan permainan di sela-sela waktu pelajaran. Permainan pun dapat kita pilih yang sesuai dengan pembelajaran saat itu. Tidak dengan asal memilih permainan dan hanya membuang-buang waktu pelajaran.

Bila disambungkan dengan sebuah teknologi,gurupun dapat menggunakan komputer sebagai media pembelajaran. Tidak hanya melulu menggunakan media kertas. Bisa juga menggunakan LCD untuk menerangkan pelajaran selain dengan papan tulis.

Guru juga dapat mengajak murid-murid untuk pembelajaran outdoor,agar murid tidak terlalu bosan dengan pemandangan kelas. Dikarenakan banyak pula murid yang menggunakan meja hanya untuk tidur saat pelajaran. Dapat pula menyegarkan otak murid yang sudah kelelahan belajar dari pagi.

Mengurangi jam pelajaran yang sangat padat juga dapat menjadi salah satu caranya. Banyak murid yang merasa keberatan dengan jam pelajaran yang sangat padat. Belum lagi PR yang tetap menumpuk .

Ini adalah tugas guru untuk lebih dekat dengan murid dan lebih mengerti dengan murid. Agar pembelajaran dapat lebih nyaman antara guru dan murid. Tidak ada berat sebelah,seperti guru yang terus menerangkan sedangkan murid yang sudah kelelahan ataupun sebaliknya.

Sebagai murid juga harus bisa mengatur waktu dengan baik. Banyak anak zaman sekarang yang diperbudak dengan game. Seharusnya mereka lebih bisa menata diri untuk masa depan,memainkan game tidak apa-apa,tetapi seperlunya dan tidak berlebihan.

TENTANG PENULIS
 
  

Annisa Suci Insani, biasa di panggil Sucek, perempuan biasa yang punya hobby menggambar dan membaca novel. Lahir di tanggal,bulan,tahun yang unik 211201 (21 Desember 2001). Sekarang duduk di bangku kelas 12 IPA 4 SMA Khadijah Surabaya.







Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)