Kajian Agama

Kunjungan Mahasiswa pascasarjana UIN MAULANA MALIK IBRAHIM Malang

Administrator@DJ | Rabu, 07 Mei 2014 - 18:03:50 WIB | dibaca: 3160 pembaca



Teknologi pendidikan menjadi sumber pemikiran kunjungan 76 mahasiswa pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab pada hari senin tanggal 19 mei 2014. Kunjungan mahasiswa yang dikawal oleh Dosen pendamping, Dr. Umi Mahmudah ingin mengetahui bagaimana visi-misi, dan proses teknologi di SMA khadijah Surabaya yang korelasinya dengan Pendidikan Bahasa Arab, khususnya dalam hal media pembelajarannya.

Mereka menanyakan tentang :

  • Monitoring, bagaimanakah kegiatan monitoring di SMA Khadijah & kaitannya dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan (terutama pembelajaran B. Arab).
  • Evaluasi, bagaimanakah kegiatan dan system evaluasi serta penerapannya di SMA Khadijah (terutama dalam mengukur dan standart B. Arab).
  • Inovasi (penemuan, kreasi, dll) apa saja yang ada di SMA khadijah (oleh guru B. Arab) untuk meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Arab dan bagaimana implementasinya (misalnya dari segi bii’ah lughowiyah, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran, dll).

Menjadi sebuah pertanyaan yang menggelitik disampaikan oleh seorang mahasiswa yang mengkhawatirkan kurang mampunya peserta didik dalam penguasaan IT. Pada kondisi sekolah, proses pendidikan diterapkan  melalui penggunaan teknologi komunikasi mulai dari pembelajaran kelas, pemantauan KBM dan aktivitas sekolah, evaluasi pembelajaran hingga pemberian informasi hasil belajar

Ketika ada pertanyaan tentang prestasi peserta didik dalam pendidikan bahasa Arab, Ust. H. Agus Fahmi S.Ag. selaku Guru Bahasa Arab, memberikan informasi bahwa ada juga prestasi yang diterima oleh siswa dalam prestasi tingkat internasional. Prestasi dalam Cambridge International Examination, Arabic Language, pernah didapatkan oleh 3 siswa dengan nilai B.

Meskipun SMA Khadijah dibawah naungan Dinas pendidikan dan kebudayaan, kurikulum PAI yang digunakan adalah kurikulum terpadu. Pendidikan Agama Islam yang diadopsi dari kurikulum Diknas, Depag, LP Maarif, dan YTPS NU Khadijah memerlukan alokasi waktu 16 jam untuk kelas X, 8 jam untuk kelas XI, dan 9 jam untuk kelas XII. Begitu juga dengan Pendidikan bahasa Arab, yang menjadi salah satu maple yang harus dipelajari juga diberikan di seluruh kelas dan semua jurusan

Dari beban belajar yang dipercayakan untuk bisa ditempuh oleh siswa dalam skala waktu tertentu, tentunya membutuhkan kompetensi paedagogis dari para pendidik didukung dengan Teknologi pendidikan yang mana sangat menunjang pendidikan, khususnya Pendidikan Bahasa Arab. Penggunaan berbagai macam media berbasis IT didukung dengan alat atau bahan ajar lainnya dioptimalkan dalam pembelajaran mata pelajaran bahasa Al Quran di SMA Khadijah yang orientasi prestasinya hingga tingkat internasional.





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)