Litera Siswa

Opini Siswa

Media Sosial, Kebutuhan Primer Masa Kini

Administrator@DJ | Rabu, 06 Maret 2019 - 10:47:15 WIB | dibaca: 154 pembaca




LITERA SISWA, SMA KHADIJAH: Saya sendiri sebagai pelajar sangat terbantu dengan adanya media sosial. Saya jadi bisa sering belajar dirumah tanpa guru les hanya bermodal smartphone bisa mengerjakan tugas dan belajar untuk ujian dengan mudah. 

Oleh: Widya Amelia Krisnanda*
 
Para pelajar saat ini kerap diapanggil kaum millenial. Yaitu generasi yang masa mudanya sudah ditemani oleh teknologi yang sudah dibilang canggih. Semua serba mudah dan hanya tinggal "klick" di smarthphone kini sudah bisa mengakses informasi. Perasaan saya tentang era ini adalah senang iya cemas iya dan juga takut apalagi dengan media sosial yang sedang digandrungi oleh masyarakat khususnya pelajar.

Hampir semua pelajar mempunyai media sosialnya masing-masing. Menurut saya memang pelajar sangat membutuhkan media sosial karena saat ini sudah bisa belajar lewat media sosial. sebagai contohnya sekarang banyak akun instagram yang mengadakan try out SBMPTN yang sangat berguna bagi pelajar. Dan tak jarang juga saya menemukan grup belajar di media sosial. Jadi, media sosial sendiri juga memberikan dampak yang positif. 

Saya sendiri sebagai pelajar sangat terbantu dengan adanya media sosial. Saya jadi bisa sering belajar dirumah tanpa guru les hanya bermodal smartphone bisa mengerjakan tugas dan belajar untuk ujian dengan mudah. Selain belajar saya bisa menghubungi teman dengan mudah. Di kalangan pelajar saat ini mereka tidak perlu kerja kelompok, melainkan mereka bisa berunding di group chat.

Media sosial saat ini juga digunakan untuk media belajar oleh guru masa kini. Contohnya disekolah saya pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media sosial "line" untuk menyuarakan opini dan membuat novel. Selain itu juga ada guru yang memberi tugas muridnya untuk mengupload video di sosial media. Media sosial untuk belajar adalah alasan pelajar masa kini untuk membuat media sosial.

Tapi memang saat ini media sosial sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer para pelajar. Tanpa adanya media sosial saya sendiri tidak bisa bersosialisasi. Tentunya juga ada dampak buruk yang ditimbulkan media sosial tetapi tak sebanding dengan manfaat yang lebih banyak.

Saya sendiri yang juga saat ini di kalangan pelajar, termasuk setuju dengan adanya media sosial . Selain mudah untuk bersosialisasi dan belajar , pelajar saat ini juga memanfaatkan teknologi dengan baik. Walaupun pasti ada buruknya. 

Jadi, media sosial di kalangan remaja saat ini sangat digunakan pelajar dengan baik khususnya untuk pelajaran di sekolah. Kalau negatif positifnya tergantung dari pribadi masing-masing. Sejauh ini kalangan pelajar menggunakan media sosial untuk pembelajaran.
 
 
*TENTANG PENULIS
Seorang remaja SMA yang membuka mata untuk pertama kali nya pada tanggal 16 januari 2002 di Surabaya . Dibesarkan oleh kedua orang tua terbaik di dunia dan tumbuh besar bersama seorang kakak laki laki dan seorang adik laki laki yang selalu menjaganya. Seseorang yang pendiam dan kalem namun kalau sudah dekat dengannya banyak yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut.  





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)