Opini Civitas

Mengentas Batas Antara Sekolah Rujukan dan Visi Sekolah

Administrator@DJ | Senin, 07 November 2016 - 08:25:22 WIB | dibaca: 300 pembaca

Dok.SMA Rujukan 2016 (AN)



Berangkat dari Kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia berstandar internasional melalui Program pendidikan  RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) dilanjutkan dengan Sekolah Induk Cluster, Sekolah Model dimana banyak poin-poin yang harus terpenuhi dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan, menjadikan SMA Khadijah menjadi salah satu dari 5 Sekolah yang dipercaya berkompeten menjadi Rujukan untuk sekolah-sekolah lainnya. Inilah yang dinamakan Sekolah Rujukan yang mempunyai sekolah-sekolah imbas yang mana diberikan peluang untuk mengikuti program-program yang dilaksanakan di SMA Khadijah baik yang terkait dengan Pendidik atau pun peserta didik.

Program-program yang dilaksanakan dalam program ini meliputi bidang akademik yang terfokuskan pada kurikulum 2013, Sekolah aman yang terfokuskan pada anti bullying dan anti narkoba, kewirausahaan yang terfokus pada pengelolaan usaha swadaya, literasi yang diterapkan melalui program baca buku non mapel pada hari tertentu dan bedah Buku serta pengembangan kreativitas siswa yang diterapkan pada kompetisi film pendek, puisi, opini dll. Pembuatan profil sekolah dalam bentuk video, majalah dan sebagainya ala sekolah rujukan diharapkan menjadi  icon yang menunjukkan bahwa SMA Khadijah adalah sekolah yang layak dan pantas dirujuk oleh sekolah-sekolah di sekitarnya khususnya sekolah Imbas dan umumnya sekolah-sekolah menengah atas di seluruh Indonesia.

Program Sekolah Rujukan Ini adalah sebuah gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan khususnya untuk sekolah-sekolah yang diberi amanat untuk menjalankan program tersebut dan sekolah Imbas serta diharapkan pula untuk sekolah-sekolah lain yang kedepannya akan merujuk. Seluruh program sekolah tentunya disesuaikan dengan visi sekolah yang sudah direncanakan beberapa tahun yang lalu dan memiliki target jangka panjang. Dalam pandangan umum, program sekolah rujukan ini adalah program tahunan yang seakan-akan mendadak dibebankan kepada sekolah-sekolah terpilih. Menjadi sebuah problematika apabila suatu program itu tidak sesuai atau tidak medukung  Visi dari suatu Institusi sehingga muncullah asumsi adanya batas antara sekolah rujukan dan Visi sekolah. Sebagaimana yang ada di setiap lembaga, Visi merupakan kebutuhan pokok yang wajib dimiliki agar tujuan dari lembaga itu terarah dan tidak berubah haluan. Begitu pula di SMA khadijah, Visi sekolah: Terwujudnya Institusi Pendidikan Bertaraf Internasional dengan Nuansa Islam Aswaja yang Membentuk SDM Santun, Unggul, dan Kompetitif.

Tidaklah ada garis pembatas antara Visi Sekolah dan Sekolah Rujukan. Untuk memahami Visi SMA Khadijah Lebih dalam dikaitkan dengan Program sekolah Rujukan, misalnya: Literasi, maka bisa meninjau misi ke-3 yaitu: menumbuhkan kebiasaan membaca, menulis, dan menghasilkan karya. Demikian juga untuk kewirausahaan, lomba film pendek, dan lompa penulisan cerpen pastilah bisa dikaitkan pada misi ke-3 juga karena bersifat menghasilkan karya. Terdapat 9 Misi dan 29 indikator pendukung Visi sekolah yang bisa dijadikan jaminan bahwa program sekolah rujukan mengarah pada Visi sekolah. Kesemuanya terarah pada Tujuan lembaga yaitu Menjadi sekolah bertaraf  internasional bernuansa Islami dan menjadi “Sekolah Rujukan Islam nasional maupun Islam Internasional” yang alumninya mengamalkan aswaja, santun, unggul dan kompetitif. Maksud dari sekolah Rujukan Islam Nasional dan Islam Internasional adalah SMA Khadijah diharapkan menjadi sekolah percontohan bagi sekolah Islam di Indonesia maupun sekolah Islam di luar negeri. Kalaulah Sekolah Islam Nasional dan Internasional yang merujuk berarti ada tambahan pewarnaan Islam pada Visi SMA Khadijah dan berarti juga melebihi poin-poin yang ada di Program sekolah rujukan. Dari sinilah kita pahami bahwa sekolah rujukan ini  tidak ada garis pembatas atau penghalang SMA Khadijah khususnya pada Visi. Dengan demikian,  program sekolah Rujukan ini adalah bagian dari Visi Sekolah yang tentunya selaras dengan Renstra 25 tahun Yayasan Khadijah. “Sekolah Rujukan, Maju Bersama, Hebat Semua” .

By. Muchammad Mas'ud, S.Pd. M.M (Kepsek SMADJ)





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)