Litera Siswa

Game Online

Positif atau Negatif?

Administrator@DJ | Senin, 11 Maret 2019 - 09:47:28 WIB | dibaca: 66 pembaca



 
LITERA SISWA, SMA KHADIJAH: Game online sendiri digunakan dari kalangan anak-anak, remaja dan bahkan dewasa. Khususnya untuk pelajar, lebih memilih bermain game online daripada belajar.
 
Oleh: Tasya Amarta* 
 
Game online adalah wadah wahana permainan. Game online sendiri digunakan dari kalangan anak-anak, remaja dan bahkan dewasa. Khususnya untuk pelajar, lebih memilih bermain game online daripada belajar.

Penggunaan aktivitas untuk bermain game online berkisar 6 sampai 8 jam sehari. Hal ini cenderung dihabiskan bermain game daripada belajar. Sehingga dapat mempengaruhi hasil nilai di setiap mata pelajaran.

Game online untuk saat ini sudah bisa diakses di handphone, tidak lagi digunakan di komputer. Sehingga mudah dibawa kemanapun dan kapanpun. Pengguna game online pun bisa mudah untuk memainkan game online.

Ada banyak hal dampak negatif dari pecandu game online. Yang pertama, seringnya bermain game online dapat mengakibatkan lupa waktu dalam hal apapun. Dan juga lupa melakukan kewajiban yang seharusnya dilakukan oleh pelajar.

Yang kedua, dapat menjadikan sikap egois terhadap lingkungan sekitar. Pelajar lebih mementingkan diri sendiri daripada orang lain. Bahkan orang tua pun bisa terkena dampaknya, jika anaknya pecandu game online.

Dan yang ketiga, bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Kesehatan yang menurun bisa terjadi di mata, telinga dan yang lainya. Menurunnya kesehatan juga bisa membuat kondisi tubuh tidak bagus sehingga dapat menimbulkan sifat rasa malas dan kecapekan.

Tetapi sebagai pelajar kita harus bisa memanfaatkan game online dengan baik. Game online juga dapat mempunyai dampak positif. Apabila dilakukan dengan waktu yang tepat.

Dampak positif dari game online yaitu dapat membuat kepenatan hilang sehingga menjadi rileks untuk pelajaran. Hal ini perlu juga dilakukan karena agar dapat melakukan aktivitas untuk selanjutnya. Dan bagi pelajar pun juga mudah menerima berbagai materi pelajaran.

Selain itu juga dapat membuat pelajar lebih menganalisa. Karena di game online, pelajar juga disuruh untuk berfikir dengan cepat. Berfikir karena harus bagaimana menggunakan permainan ini agar terjadi kalah atau menang dalam memainkannya.

Dan juga game online ini juga meningkatkan rasa solidaritas. Solidaritas yang dimaksud adalah kerjasama antar pemain jika dilakukan dengan tim nya. Ini juga mempengaruhi dampak positif yang bisa dilakukan di lingkungan sekitar kita.

Dari sini kita sebagai pelajar sudah bisa melihat dampak positif dan negatif dari game online. Tergantung dari kita memanfaatkan waktu dari game online. Jangan sampai kita sebagai pelajar ikut terkena dampak negatif yang bisa merugikan diri sendiri.
 
*TENTANG PENULIS
 
  
 
Tasya Amarta. Tetapi tetap mempunyai nama panggilan yaitu Tasya. Tapi sebagian ada yang memanggil nya dengan nama Tasyi pada saat ini, entah darimana asal nama tersebut. Dia adalah seorang remaja kelahiran Banyuwangi yang bertepatan pada tanggal kemerdekaan Indonesia di tahun 2000. Dan merupakan anak pertama dari dua orang bersaudara. 





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)