Opini Civitas

UASMU, PUASMU

Administrator@DJ | Jumat, 04 Desember 2015 - 09:16:54 WIB | dibaca: 4376 pembaca

UAS



Catatan Guru Amatir 1

Ah, akhirnya ujian akhir semester telah tiba. Bagi kelas sepuluh, itu berarti sudah enam bulan kalian menuntut ilmu di sekolah tercinta ini. Bagi kelas sebelas, semester lagi sudah di jenjang akhir. Bagi kelas dua belas, satu tahapan lagi untuk meninggalkan dunia puith abu-abu.. Padahal, baru kemarin rasanya hiruk pikuk perpisahan dengan teman SMP. Yang bikin sembab air mata.

Siap tidak siap, ujian semester harus kita hadapi. Bila perlu kita ganyang dengan semangat berkobar. Bukan dengan cara membanting kursi ujian. Bukan dengan membakar kertas ujian. Tapiiiii, menuntaskan soal soal yang diujikan dengan cerdas dan tuntas.

Satu mantra yang harus kalian junjung dikala ujian yakni: sportivitas. Sportivitas merujuk pada sikap jujur. Kalau memang hanya mampu segitu dalam melahap soal, ya sudah. Jangan curang. Jangan nyontek. Jangan copypaste. Dan lain sebangsanya.

Mengapa?? Nak, alasannya yakni berkaitan dengan keberkahan ilmumu. Apalah arti nilai sempurna bila hasil mencuri. Dan kelak di masa depan, ilmu ilmu yang kita dapat dengan tidak berkah, akan mengalir di aliran darah kita. Mengendap dalam tubuh. Menghasilkan energi energi negatif yang akan membuat hidup kita menjadi terganggu. Wallahua'lam..

Selain itu, sifat jujur ini juga amat sangat dibutuhkan bangsa kita ke depannya. Seperti yang kita tahu bersama, baik lewat media cetak atau elektronik, betapa banyak orang cerdas di negeri tercinta ini. Namun, hiruk pikuk korupsi (baca: ketidakjujuran) telah menggurita. Teramat kompleks. Hingga akhirnya, tatanan moralitas menjadi buyar. Jadi, selayaknyalah mari sportivitas (kejujuran) kita junjung tinggi.

Jadi, berbanggalah dengan kejujuran yang telah kita lakukan selama UAS. Syukur, jika nilaimu juga ikutan melejit. Toh, hasil itu tidak mengingkari usaha kerja keras yang kamu lakukan. Jika rajin belajar, ya nilainya insya Allah bagus. Begitupun sebaliknya.

Apapun hasilnya ujian kali ini, ujian semester berikutnya harus lebih baik lagi persiapannya dari tahun ini. Teruslah berkembang Nak. Selalu berdoa. Iringi dengan kerja keras. Kunci dengan sportivitas. Semoga UASMU PUASMU.

Pak Shodiq





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)