Ekstrakurikuler

Administrator@DJ | Jumat, 25 Juli 2014 - 13:12:57 WIB | dibaca: 3098 pembaca

Qiro'ah

Qiro'ah   Siswa diberi pemahaman media Al-Qur'An dimulai dari membaca dengan benar ( Tajwid), pembacaan dengan nyanyian ( untuk artistik Qiro'Atil), dan penafsiran arti yang terkandung dalam Al Qur'An ( Attarjim). Ekstrakurikuler ini di bimbing langsung oleh ahlinya yaitu Bapak "H. Masykur Idris, S.Pd.I".
 

Banjari

Banjari   Hadrah muslim terkenal dan merupakan seni tradisional dalam si'ar dakwah Islam yang dimana banyak siswa yang tertarik dan bergabung dengan extrakurikuler ini. Di samping sebagai ciri khas Khadijah, kegiatan ini juga mendapat sorotan dari institusi luar yang pernah studi banding di khadijah, lebih-lebih tamu dari Luar negeri. Siapa yang membuat mereka mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam Hadrah ini, ya Ekstrakurikuler ini dibimbing langsung oleh orang yang berkompeten dibidangnya yaitu "Mas Abdus Syukur Hidayat".
 

Bahasa Arab

Arabic   Sebagai salah satu sarana untuk melatih kecerdasan anak dalam berbahasa, khususnya dalam bidang Bahasa Arab, ini salah satu ekstrakurikuler yang cukup diminati oleh para siswa SMA Khadijah. Ekskul ini bertujuan membiasakan siswa menggunakan Bahasa Arab dengan harapan siswa mampu bersosialisasi dalam dunia pendidikan Internasional, serta untuk melatih kepercayaan diri siswa untuk bercakap dan berpidato dengan bahasa Arab. Ekskul ini dibimbing langsung oleh Ustadz "Mudolafi".


Bahasa Mandarin

Mandarin   Sebagai salah satu bahasa Internasional, ini salah satu ekstrakurikuler yang Paling diminati oleh para siswa SMA Khadijah. Ekskul ini bertujuan membiasakan siswa menggunakan Bahasa Mandarin dengan harapan siswa mampu berinteraksi dalam dunia pendidikan Internasional, serta untuk melatih kepercayaan diri siswa untuk bercakap dengan bahasa Mandarin. Ekskul ini dibimbing langsung oleh Bapak "Prasetyo Hari Saputra".
 

 KIR (Karya Ilmiah Remaja)

KIR   Dengan dasar pengetahuan yang memiliki integritas dan holistik sains dan rohani semua remaja ini mengeksplorasi ilmu penelitian yang pernah ada, baik dari lingkungan dan juga dari tokoh masyarakat dan menjadi sebuah mahakarya komposisi yang bisa diaplikasikan dan bermanfaat bagi Umat. Ekskul ini dibimbing oleh Ibu "Putri Ayuni Alayyannur, S.KM".


PABRASDJA
(Pasukan Pengibar Bendera SMA Khadijah)

PABRASDJA   Paskibra merupakan suatu organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang baris berbaris.
Walaupun bergerak di bidang baris berbaris, lebih dari pada itu semua, Paskibra merupakan sebuah wadah “kawah candradimuka” bagi para siswa yang ingin menggembleng rasa kedisiplinan dan rasa nasionalisme. Disinilah, para siswa bisa merasakan kehidupan “Semi Militer”. Namun walaupun bersifat semi militer, tidak semuanya di lakukan dengan cara-cara militer. Ada kalanya para siswa diajarkan bagaimana para siswa bisa saling menghargai antar sesama. Disini juga dipupuk rasa kekeluargaan, sehingga diharapkan nantinya rasa egoisme dan chauvinisme bisa hilang. Ekskul ini dibimbing oleh Bapak "Bagus Aji".


Teater / Drama

Grup Teater   Seni Teater adalah identik dengan seni gerak. Didalam seni teater sebenarnya terdapat beberapa unsur seni yang di padukan menjadi satu diantaranya adalah seni sastra (naskah), seni rupa (background pangung dan property), seni suara (ilustrasi musik). Kegiatan ekskul ini mengandung nilai edukatif, kreatif, inovatif dan mengapresiasikan bakat berkesenian juga berdakwah menyampaikan sesuatu makna yang terkandung dalam setiap peran. Dalam kegiatan berkesenian kretifitas. Berimprofisasi akan menjadi barometer dalam pencapaian keberhasilan. Disamping itu juga, kedisiplinan dalam berlatih dapat menentukan kesuksesan dalam mencapai tujuan. Ekskul ini dibimbing oleh Mas "Alfian".

Seni Rupa

Seni Rupa   Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Ekskul ini lumayan banyak peminatnya dan ekskul ini dibimbing oleh Bapak "Prasetiono, S.Si, M.Si".
 

 Musik Digital

DJ   Musik Digital (DJ) pada dasarnya adalah berupa harmonisasi bunyi yang dibuat melalui perekaman dari alat-alat musik analog (konvensional) atau alat-alat musik digital (yang dibuat dengan bantuan komputer) yang disimpan dan diproses dengan media berbasis tehnologi komputer. Walaupun terbilang ekskul baru, namun peminatnya cukup menghebohkan. Ekskul ini dibimbing langsung oleh Bapak "Ariez Ayyubi Lukman".


 Seni Musik

Musik   Musik adalah bentuk seni olahan bunyi yang melibatkan rasa bahkan karsa manusia yang paling dalam. Itulah mengapa musik bukan sekedar pembelajaran dan/atau pelajaran ketrampilan mengolah bunyi.Musik lebih dari sekedar pendidikan.Maka oleh sebab itu musik muncul sebagai pendidikan dan bentuk pengembangan bakat siswa dalam Ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler musik ini umumnya bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap musik. Ekskul ini di bimbing oleh Bapak "Prasetiono, S.Si, M.Si".
 

Paduan Suara

Paduan Suara   Paduan suara atau kor (dari bahasa Belanda, koor) merupakan istilah yang merujuk kepada  ensembel musik yang terdiri atas  penyanyi-penyanyi maupun  musik yang dibawakan oleh ensembel tersebut. Umumnya suatu kelompok paduan suara membawakan musik paduan suara yang terdiri atas beberapa bagian suara (bahasa Inggris: part, bahasa Jerman: Stimme). Dalam pengertian ini, paduan suara juga mencakup kelompok vokal (vocal group), walaupun kadang kedua istilah ini saling dibedakan. Ekskul ini dibimbing oleh Bapak "Drs. Didik".


TIK
(Desain Grafis)

 

TIK DG   Pengertian Desain Grafis berasal dari pustaka. Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu kata Desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni Desain yang dalam perkembangannya dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Ekskul ini dibimbing oleh Bapak "Bahron Ni'am".

 
TIK
(Internet Programing)

TIK IP   WWW merupakan singkatan dari World Wide Web atau biasa disebut web saja. Jika anda sering menggunkan internet tentu anda familiar dengan kata www ini. Web merupakan jaringan yang mengubungkan jaringan komputer diseluruh dunia. Web memungkinkan komputer diseluruh dunia dapat saling berkomunikasi satu sama lainnya. Nah salah satu ekskul di SMA Khadijah yang laris manis diminati siswa dalam pembuatan web proggraming yang langsung dibimbing oleh Mas "Rahadian Bisma S.Kom".

     
TIK (Mekatronika)

TIK MK   Mekatronika adalah teknologi atau rekayasa yang menggabungkan antara mechanics, electronics dan informatics, untuk merancang atau mendesain, memproduksi, mengoprasikan serta memelihara sitem untuk memencapai hasil atau tujuan yang di inginkan. Sistem mektronika (mechatroninics :mechanics and electronics system) adalah sebuah sistem dengan tingkah laku yang cerdas.Pengertian lain dari mekatronika adalah aplikasi dari pengambilan keputusan kompleks kepada operasi sistem_sistem fisik. Untuk menunjukkan tingkah laku ini , sistem mekatronika seringkali merupakan implementasi berbasis komputer dari teori kontrol dan robotika. Ekskul ini di bimbing oleh pakar IT langsung yaitu Bapak "Bahron Ni'am".


Karate

Ekskul Karate   Seni Beladiri yang dikembangkan di SMA Khadijah mengambil ajaran dan tehnik BKC. Hal ini memperhatikan kondisi local yang memiliki budaya belediri yang sudah tertata dengan baik dan sudah menjadi aset nasional. Seni Beladiri ini diarahkan kepada art (seni), kesehatan dan prestasi, jadi bukan untuk menumbuhkan budaya kekerasan dalam menyelesaikan permasalahan. Karate ini di bimbing oleh Bapak "Anjar Hari Purwoko, S.Pd".


Pencak Silat

Ekskul Karate   Pencak silat sebagai suatu kesatuan (Catur Tunggal), seperti tercermin dalam senjata trisula pada laambang IPSI. Ketiga ujung trisula melambangkan, unsure Seni, beladiri dan olahraga dan gagangnya mewakili unsur mental-spiritual. Penampakan tiap-tiap spek pencak silat tersebut menggambarkan tujuan keberadan satu sama lain sebagai satu kesatuan. Pada spek Bela diri, Pencak Silat bertujuan untuk memperkuat naluri manusia untuk membela diri terhadap berbagai ancaman dan bahaya.


Volly Ball

Ekskul Karate   Ekskul yang satu ini gak kalah hebatnya juga lho... Meskipun dengan keterbatasan sarana dan prasarana, ekskul ini tidak pernah putus semangat untuk tetep mencetak prestasi buat sekolah kita ini. Yupzz.. apa lagi kalo bukan ekskul volly. Ekskul yang dibina langsung oleh Bapak "Firman Soewandi, S.Pd" sangat diminati oleh siswa-siswi SMA Khadijah.


Basket

Ekskul Karate   Olahraga Basket merupakan salah satu olahraga yang di kembangkan menjadi sebuah kegiatan Ekstrakulikuler di SMA Khadijah Surabaya. Tujuan utama di buatnya ekskul ini adalah selain untuk membentuk jasmani individu yang sehat dan prima juga untuk meningkatkan/mengembangkan kreatifitas siswa/siswi di bidang olahraga Basket. Selain tersedianya lapangan yang memadai, SMA Khadijah juga menjadi jujugan Tim basket Luar Negeri yang dimana dengan perantara Deteksi Jawa Pos, SMA Khadijah dapat menjalin kerja sama dibidang Olah raga dengan tim Basket dari Australia (WILD CAT). Ekskul ini dibimbing oleh pelatih ternama yaitu Bapak "Antonius Warfin".


Futsal

Ekskul Karate   Futsal adalah salah satu olahraga paling populer di kalangan anak muda sekarang, karena olahraga ini adalah turunan dari sepak bola tapi dengan jumlah pemain yang lebih sedikit dan luas lapangan yang lebih kecil. Di SMA Khadijah ekstrakurikuler futsal cukup digemari, tercatat lebih dari 40 siswa. Ekskul ini di bina oleh Bapak "Roy Kasianto, S.Pd".


Bulu Tangkis

Ekskul Karate   Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Ekskul ini di bina oleh Bapak "W. Iqbal Tanyanto".


PMR
(Palang Merah Remaja)

Ekskul Karate   Palang Merah Remaja atau PMR merupakan anggota Palang Merah Indonesia yang berumur 10 – 18 tahun yang berpusat di sekolah-sekolah yang bertujuan memberikan pengetahuan dasar kepada siswa dalam bidang kesehatan, pertolongan pertama,dan  kesiagaan bencana juga wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja dalam peduli masyarakat dalam hal kesehatan & pertolongan pertama. Di lingkungan Sekolah, PMR merupakan salah satu wadah pengembangan diri atau kegiatan ekstrkurikuler yang bergerak bidang kesehatan dan pertolongan pertama. Ekskul ini dibimbing lang sung oleh Bapak "Budi Santoso".


Presenter

Ekskul Karate   Pembawa acara atau presenter , atau biasa disebut Master of Ceremony, disingkat MC adalah orang yang bertugas sebagai tuan rumah sekaligus pemimpin acara dalam panggung pertunjukan, hiburan, pernikahan, dan acara-acara sejenis. Pembawa acara membawakan narasi atau informasi dalam suatu acara atau kegiatan, ataupun dalam acara televisi, radio dan film. Pembawa acara biasanya membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya, tapi sering juga mereka harus memberikan komentar atau informasi tanpa naskah. Ekskul ini dibina oleh Ibu "Maria Ulfah".


Fotografi

Ekskul Karate   Siapa sih yang tidak tahu mengenai Fotografi. Pasti semua tentunya tahu. Fotografi berasal dari kata Foto (cahaya) dan Graphia (menulis / menggambar), sehingga dapat diartikan bahwa fotografi adalah suatu teknik menggambar dengan cahaya. Atas dasar tersebut, jelas bahwa cahaya sangat berperan penting dan menjadi sumber utama dalam memperoleh gambar. Nah, UNIKnya Eksul Fotografi ini hampir setiap kelas dan rombel banyak peminatnya. Ekskul ini dibimbing oleh Kakak Alumni yang dulunya memang gemar/Hobby dalam Fotografi yaitu Bang "Erwinsyah".


Pramuka

Ekskul Karate   Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti Pramuka merupakan suatu organisasi yang sangat erat kaitanya dengan kedisiplinan. Dalam setiap kegiatan pasti mempunyai peraturan-peraturan yang tentunya tidak boleh dilanggar oleh anggota pramuka itu sendiri. Biasanya setiap kali seseorang melanggar peraturan,maka pastilah orang itu mendapatkan sanksi yang tegas dari anggotanya yang lain. Jangan kira kalau Pramuka itu hanya melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat monoton. Pramuka identik dengan alam jadi setiap kegiatannya lebih banyak dilakukan di alam terbuka (out bound) seperti perkemahan, hiking, lintas alam, dll. Seringkali setiap kegiatan yang dilakukan diberi sentuhan yang tentunya dapat menghibur kepada para anggota maupun peserta kegiatan. Ekskul ini di bina oleh Ibu "Dwi Riwayat Susiana, M.Psi".


Tata Boga

Ekskul Karate   Memasak adalah satu pekerjaan yang penting terutama bagi seorang  perempuan. Namun, tidak semua perempuan bisa memasak karena beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah keterbatasan waktu yang mereka miliki terutama pelajar. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan di sekolah. Sehingga tidak memiliki kesempatan untuk belajar memasak. Maka dari itu perlu adanya pelatihan memasak di lingkungan sekolah. Seperti ekstrakurikuler TATA BOGA. Tata Boga merupakan kesenian yang mayoritas untuk kalangan perempuan yang biasanya selalu berhubungan dengan alat-alat dapur. Tata Boga adalah salah satu ekstra kurikuler yang kebetulan baru & lumayan banyak peminatnya . Ekskul ini dibimbing oleh Ibu "Helida Mega Maulida".