• call Us: +6231 8284261/ Fax: +6231 8293154

Ratusan Calon Jamaah Haji Padati Halaman SMA Khadijah, Ini Beritanya!

Ratusan Calon Jamaah Haji Padati Halaman SMA Khadijah, Ini Beritanya!

smakhadijah.com – Bacaan talbiyah menggema di halaman SMA Khadijah, Sabtu (27/4/19). Nampak ratusan jamaah dengan pakaian ikhram tengah mengikuti proses pelaksanaan ibadah haji.

Tentu saja kegiatan tersebut merupakan pelatihan pelaksanaan ibadah haji dan umrah sesuai dengan prosesi dan tata cara penyelenggaraannya yang biasa disebut manasik haji dan umroh. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan manasik haji dan umroh tahun ini dilaksanakan di sekolah.

Menurut Ust. H. Muhammad Zulfa, koordinator keagamaan SMA Khadijah, acara ini merupakan agenda wajib tahunan.

“Manasik haji di SMA Khadijah kegiatan yang wajib dilakukan, yang rutin dilakukan untuk siswa siswi kelas XI dan tahun ini dilaksanakan di lingkungan SMA Khadijah sendiri karena melihat suasana memanfaatkan area yang luas di lingkungan Yayasan Khadijah untuk tahun ini manasik haji dan umroh dilaksanakan di lingkungan SMA Khadijah”, tuturnya.

Ust. Zulfa menuturkan proses rangkaian manasik haji dan umroh.

“Siang ini dimulai anggap saja mereka sudah melaksanakan umroh wajib dan di sini tadi dimulai dengan wukuf artinya dengan niat haji. Setelah mereka niat haji, mereka bersama-sama wukuf berkumpul di aula, setelah mendengarkan khutbah wukuf mereka melaksanakan perjalanan di Muzdalifah. Bermalam di Muzdalifah mencari kerikil dan dilanjutkan dengan mabid di Mina setekah itu mereka melakukan lempar jumroh aqobah. Setelah jumroh aqobah mereka kembali ke mina kemudian melaksanakan ula wustho aqobah, balik ke mina lagi untuk mabid esok harinya melempar ula wustho aqobah dan mereka melakukan nafar awal. Setelah tanggal 12 Dzulhijjah setelah lempar jumroh mereka tawaf ifadah, setelah tawaf ifadah alhamdulillah properti yang ada di sma khadijah insyaallah representatif bahkan semakin lebih baik dan lebih baik. setelah tawaf mereka melakukan sai. Sai dilakukan menggunakan fasilitas parkir lantai 2. Jadi mereka setelah sai mereka tahallul. Selesailah pelaksanaan manasik haji pada siang hari ini”. jelasnya.

Tujuan manasik haji tahun ini adalah agar peserta mengetahui secara detail tata cara haji dan umroh, “Harapannya anak anak lebih mendalami, lebih detail dalam paham dan mengerti pelaksanaan pelaksanaan haji dan umroh. Alhamdulillah dengan nada guyon mereka dipanggil haji dan hajjah”, tambah Ust. Zulfa.

Pelaksanaan manasik haji di SMA Khadijah diikuti peserta dengan antusias “Manasik haji tahun ini seru karena memakai baju beda tidak seperti hari hari biasanya. Selain itu saya jadi lebih memahami rangkaian pelaksanaan haji”, ujar Karina,salah satu peserta. (ana/bie)

  • Prev Post
  • Next Post

LeaveComment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *